Sabtu, 27 Desember 2014

Penerapan e-Goverment di Kota Bogor

E-Gov atau Electronic Government merupakan bentuk dari implementasi penggunaan teknologi informasi bagi pelayanan pemerintah kepada publik. Yaitu bagaimana pemerintah memberikan informasi kepada pemangku kepentingan (stakeholder) melalui sebuah portal web.

Disini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai E-Gov di Kota Bogor,di dalam website ini sudah banyak konten-konten pelayanan masyarakat atau info-info yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ini adalah link E-Gov di Kota Bogor http://kotabogor.go.id/.




Website ini juga menyediakan sarana komunikasi antara pemerintah dengan warga di Bogor seperti layanan kependudukan dan catatan sipil, Perizinan, Pajak, No Telepon dan sebagainya telah disediakan di web ini.

Pada tanggal 22 Desember 2014 Kominfo Kota Bogor pun sudah melakukan sosialisasi tentang E-Gov, berikut ini adalah ulasan singkat tentang sosialisasi e-Gov pada tanggal 22 Desember :

"Pemerintah Kota Bogor melalui kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bogor selenggarakan sosialisasi e-Government dalam rangka mendukung perwujudan Smart City. Tema acara sosialisasi ini, “ pengembangan e-Government Kota Bogor dalam mendukung perwujudan Smart City yang berlangsung diruang Rapat I Balaikota Bogor Senin (22/12/2014) dengan peserta para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bogor, para Camat dan Lurah Se-Kota Bogor.
Kepala kantor Kominfo Kota Bogor Ir. Chusnul Rozaqi meyampaikan, e-Government menjadi salah satu instrumen dalam pelaksanaan dan pengelolaan pemerintah Kota yang menerapkan sistem yang efesien, akuntabel dan partisipasif.
Hal ini sejalan dengan cita-cita dan misi pertama RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Bogor 2015-2019, yaitu misi 1 mewujudkan Kota Bogor cerdas berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.
Menurut Chusnul, kemajuan teknologi dan informasi harus dimanfaatkan secara optimal dalam tata kelola Pemerintahan Kota Bogor agar warga Kota Bogor bisa dapat secara cepat mendapat pelayanan publik dan mendapat informasi yang benar tentang arah pembangunan Kotanya. Kepastian waktu, biaya, prosedur, ketepatan serta ketelitian menjadi nilai/norma/standar yang terus harus diperbaharui dalam pelayanan publik dengan pemanfaatan TIK.
Chusnul juga menyampaikan, inisiasi Pemerintah Kota Bogor saat ini adalah dengan penerapan pajak online, PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) online serta sedang dikembangkan untuk diberlakukan secara efektif pada awal Januari 2015, yaitu e-surat, e-wilayah (Kelurahan), e-Puskesmas dan pengaduan online. Hal ini akan terus dikembangkan dengan prinsip memudahkan dan melayani warga Kota Bogor secara lebih  baik.
Sementara itu,  Walikota Bogor Dr.H. Bima Arya mengatakan,  pada intinya dua hal yang kita ingin targertkan dari penguasaan IT ini bagi Smart City satu adalah transparatif yang kedua adalah efesiensi. Insya Allah akan lebih efesien semuanya akan lebih efesien, tetapi kita harus punya strategi yang cantik. Dalam kontek efesiensi kita sudah mulai dengan e-surat dan pengaduan online.
Bima juga menginginkan kedepan sebaiknya kita fokus saya ingin betul-betul tahun 2015 ini kita ingin fokus pada dua hal satu e-surat ini sesuatu yang baru yang mulai kita coba, karena di Kota-Kota yang lain sudah banyak yang lain sudah bisa mari kita coba sama-sama yang kedua adalah pengaduan online segera dilaunching awal Januari 2015 ini membutuhkan kesiapan dari Bapak Ibu sekalian untuk menunjuk orangnya tidak perlu pimpinan, tapi menunjuk yang bisa memonitor itu setiap hari."

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar